Panduan SEO On-Page untuk WordPress

5:57 PM
Belajar SEO - Salah satu bagian terpenting dari mendirikan sebuah blog adalah Search Engine Optimization (SEO). SEO untuk blog WordPress berbeda dengan SEO untuk website statis, terutama karena sifat blogging nya itu. SEO untuk blog WordPress lebih difokuskan pada infrastruktur teknis situs kamu, dan kemampuan kamu untuk menulis artikel kreatif yang penting bagi orang lain untuk dibaca dan di link-kan.
Mengapa repot-repot dengan SEO? Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung untuk blog kamu, Search Engine Optimization dapat membuat perubahan yang besar. Hal ini dapat mendatangkan 10.000 pengunjung ke situs kamu atau lebih dibanding sedikit pengunjung yang sekarang kamu dapatkan. Oleh karena itu jika kamu berpikir tentang mendapatkan trafik organik dari mesin pencari tanpa biaya, menerapkan teknik yang dibahas dalam artikel ini ke blog WordPress kamu dan membawanya ke tingkat berikutnya.

1. Optimasi Judul Post

Secara default judul posting WordPress kamu akan terlihat seperti:

Judul Blog > Archive > Judul Post
Anehnya, hal ini berlawanan dengan apa yang harus kamu miliki untuk meningkatkan SERPs kamu. Satu hal yang harus kamu mengerti adalah bahwa mesin pencari melakukan pencarian kata kunci pada judul posting terlebih dahulu. Jadi secara teoritis kamu sudah menghilangkan kesempatan tampil di peringkat lebih tinggi dengan option secara default seperti di atas.

Karena WordPress bukan situs statis, sulit untuk menghasilkan judul dengan cara kita inginkan. Untungnya ada plugin seperti All in One SEO yang memungkinkan kita melakukan perubahan urutan judul sesuai yang kita inginkan. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal / mengaktifkan plugin ini dan mengikuti pengaturan yang saya lakukan. Jika kamu mempunyai pengaturan sendiri, silahkan.


Dengan pengaturan seperti di atas. search engine hanya akan menampilkan judul posting tanpa judul blog.

2. Optimasi Deskripsi

Deskripsi post sering diabaikan oleh para blogger, padahal ini mempunyai peran yang sangat penting bagi postingan kamu. Isilah deskripsi yang berhubungan dengan postingan kamu. Jangan biarkan kosong.


3. Permalinks

Secara default wordpress memberikan permalinks seperti ini
    http://ciduh.com/?p=1
Tentu permalinks seperti diatas akan sulit untuk di baca oleh search engine. Kita harus merubahnya menjadi Permalinks yang SEO-Friendly. Dari dashboard wordpress kamu pilih Settings > Permalinks.

Saya menggunakan permalink custom. Seperti ini :
    /%postname%/
Dengan menggunakan permalinks seperti itu, SE akan lebih mudah membaca link post yang ada di blog kita.

4. Semantic Web Markups

Ini merupakan teknik yang sudah lama namun dapat membuat perbedaan bagi situs kamu. Kamu harus tahu bahwa Google merekomendasikan XHTML Semantik. Situs yang baik adalah baik dan mudah untuk surfing. Kebanyakan template, dan tema gratis tidak menggunakan tag secara baik. Kamu harus memperbaikinya dan belajar bagaimana menggunakan tag ini secara tepat. Kamu pasti pernah melihat judul sidebar dengan menggunakan tag h2 yang tentu saja tidak menggunakan tag yang tepat. Setidaknya untuk tag sidebar harus menggunakan h4 atau mungkin h5. Kamu harus mengubah page.php dan single.php untuk membuat judul posting memiliki tag h1. Ingatlah untuk tidak pernah menggunakan tag h1 lebih dari satu kali pada sebuah halaman.

5. Interlinking dalam Situs Kamu

Salah satu cara yang baik untuk membuat situs kamu lebih mudah di akses oleh bots adalah dengan interlinking dalam situs kamu. Jika mesin pencari bot datang ke halaman tertentu di situs kamu, kamu harus memastikan bahwa bots menemukan halaman lain di situs kamu juga. Kamu dapat dengan mudah melakukannya dengan memiliki navigasi breadcrumb. Kamu dapat men-download plugin yang disebut Breadcrumb NavXT untuk melakukan itu.

Dengan interlinking kamu membuat bots menjangkau lebih banyak bagian dari situs kamu untuk dijelajahi sehingga meningkatkan jumlah halaman yang terindeks di mesin pencari.

6.Mengindari Duplikat Konten
Sangat mudah untuk membuat duplikat konten di WordPress. Tapi kadang-kadang pembuatan duplikat konten itu dapat membuat blog kamu buruk. Mana ada pengunjung yang ingin membaca tulisan yang sama terus menerus? itu membuat mereka bosan pada blog kamu. Nah kamu dapat menghindari duplikat konten dengan membuat sebuah file robots.txt pada blog kamu.
    User-agent: Googlebot

    Disallow: /wp-content/
    Disallow: /trackback/
    Disallow: /wp-admin/
    Disallow: /archives/
    Disallow: /*?
    Disallow: /*.js$
    Disallow: /*.inc$
    Disallow: /*.css$
    Disallow: */trackback/
    Disallow: /link.php
    User-agent: Googlebot-Image
    Disallow: /wp-includes/
    User-agent: Mediapartners-Google*
    Disallow:
Ada juga plugin yang disebut Meta Robot yang dapat anda gunakan untuk mengatur pilihan ini tidak ada indeks untuk halaman dan kategori.

7. Sitemap

Agar peng-index-an setiap halaman pada blog kamu menjadi lebih cepat. Buatlah sitemap pada blog kamu agar bots dapat dengan mudah menjelajahi seluruh halaman blog dengan cepat. Kamu bisa menggunakan plugin Google XML Sitemap.

8. SEO Friendly Design

Selain melakukan semua cara di atas, kamu juga harus memperhatikan design theme blog kamu. Sangat buruk jika theme blog kamu mempunyai sidebar di sebelah kiri. Itu membuat bots lebih dulu mengindex sidebar daripada posting. Mungkin kamu bisa melihat contoh blog ini untuk design yang SEO friendly.

9. Load Time

Kecepatan load time halaman mempunyai peran penting agar bots cepat mengindeks situs kamu. Buatlah blog kamu cepat diakses dan tidak lambat. Selain membuat pengunjung kabur juga di benci oleh bots. Ada banyak cara untuk mempercepat WordPress kamu dan meningkatkan kinerja ang kita inginkan, tapi ada dua cara membuat halaman cepat diakses.

Salah satunya adalah plugin yang disebut WP-Super Cache yang mempercepat situs kamu dan meningkatkan kinerja blog kamu secara signifikan. Plugin ini juga mengurangi beban server, sehingga situs kamu tidak akan crash jika kamu menerima trafik yang tinggi.

Hal berikutnya yang perlu kamuperlukan adalah memiliki sebuah host web yang baik. Jangan menggunakan host karena tergiur oleh harga yang murah. Mereka tidak menjaga server mereka terus diperbarui, yang berakibat server mereka down. Namun bisa juga memilih host yang murah tapi tidak murahan. Yang terpenting adalah kualitas, support, dan keamanan. Sedikit informasi, blog ini menggunakan Qwords sebagai host nya. (Belajar SEO)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »